Tips Sukses Pacaran Jarak Jauh

Cinta memang tak kenal tempat dan waktu, dimana saja dan kapan saja perasaan itu bisa muncul dan bersemi. Karena itu banyak bermunculan pasangan yang saling mencintai walaupun dipisahkan oleh jarak dan tempat. Pasangan semacam ini memang punya tantangan tersendiri, jika kepercayaan dan cinta tidak kuat maka hubungan cinta tersebut sangat gampang berantakan. Sebelum itu terjadi, baca dulu tips-tips berikut ini:

1. Komunikasi

Walaupun jarak meisahkan, banyak alternatif komunikasi yang bisa ditempuh. Selain telepon, dengan kecanggihan internet ngobrol lewat chatting bisa dilakukan. Mau kirim foto, sampai video semuanya serba mungkin. Apalagi biayanya juga lebih murah. Tak ada lagi alasan untuk tak berkomunikasi dengan pasangan anda. Jika ada keraguan, kecurigaan, atau perasaan lainnya dalam hati anda utarakan langsung pada sang kekasih, jangan memendam dan menebak-nebak sendiri.

Tentang frekuensi komunikasi sesuaikan dengan kegiatan masing-masing. Jangan sampai mengganggu dan membuat pasangan anda kesal.

Tapi disela-sela komunikasi elektronik, tak ada salahnya sekali-sekali diselingi dengan surat biasa lewat pos. Selain lebih personal, di dalam surat, anda bisa membubuhkan wewangian yang sering anda gunakan sehingga menimbulkan perasaan nostalgia pada pasangan anda. Jika si dia rindu pada makanan rumah tak ada salahnya sekali-sekali mengirim masakan favorit dia. Tapi sebelum itu cek dulu dengan perusahaan pengiriman atau kantor pos tentang prosedur pengiriman makanan.

2. Buat kejutan

Kejutan seringkali menjadi penyegar dalam suatu hubungan pacaran. Untuk yang jarak jauh bisa memanfaatkan jasa pengiriman. Sesekali mengirim bunga bisa menjadi penawar rindu yang akan membuat anda dengan pasangan anda menjadi lebih romantis. Jika memang ada waktu yang cukup untuk liburan kejutkan dia dengan datang ke kotanya. Tapi ingat juga kesibukannya, jangan terlalu banyak menuntut waktunya. Jika memungkinkan, cari tahu dulu jadwal dia pada hari itu. Kunjungan anda juga tak perlu lama-lama, yang penting perasaan rindu sudah terobati.

3. Tetapkan peraturan

Untuk menghindari salah paham dan hal-hal yang tidak diinginkan, sebaiknya anda menetapkan beberapa aturan dasar. Misalnya, berapa lama harus bertemu, apakah setiap hari harus menelepon, adakah hari khusus dimana anda harus bertemu, serta berbagai aturan main lainnya.

4. Antisipasi segala kemungkinan

Namanya hubungan jarak jauh, faktor penghalang pasti banyak menghadang. Walaupun anda sudah membuat rencana yang matang, tapi anda harus selalu siap untuk kemungkinan terburuk.

5. Percaya dan Sabar

Ketika sudah berkomitmen untuk hubungan jarak jauh, kepercayaan pada pasangan sangat penting. Jika tak bisa percaya pada pasangan sebaiknya anda berpikir dua kali sebelum menjalani hubungan jarak jauh. Anda bisa lelah sendiri disiksa kecurigaan dan kecemburuan karena tak bisa selalu mengawasi sang kekasih. Jika ada perasaan curiga atau gelisah, langsung ungkapkan kepadanya. Jangan dipendam sendiri dan berkembang menjadi masalah.

Keadaan emosi memang sulit dikontrol. Kadang kesal sedikit bisa jadi masalah. Khusus untuk pasangan jarak jauh, kesabaran adalah aspek yang penting. Karena itu, jika timbul masalah sebaiknya coba bersabar dan jangan langsung meledak. Ingat, pertemuan dan komunikasi yang cukup sulit sebaiknya diisi dengan hal-hal yang menyenangkan supaya hubungan lebih mesra. Selalu akhiri pembicaraan dengan kata-kata yang manis.

6. Timbang baik dan buruknya

Tidak semua orang bisa menjalani hubungan jarak jauh dengan baik. Perlu banyak kesabaran dan usaha untuk melewati itu semua. Coba pertimbangkan positif dan negatif hubungan yang tengah dijalani. Apakah anda dan pasangan bahagia? Apakah anda lebih sering bertengkar daripada bermesraan? Apakah hubungan berubah menjadi buruk setelah kekasih pindah ke kota lain? Dan berbagai hal lainnya.

Jika setelah ditimbang ternyata hal buruk lebih unggul, tak ada salahnya anda berpikir dua kali untuk melanjutkan hubungan jarak jauh. Jangan tergesa-gesa mengakhiri hubungan, bicarakan dulu baik-baik dengan kekasih. Beri alasan dan argumen yang tepat. Pada akhirnya, akan sangat baik jika anda dan pasangan bisa menemukan jalan keluar. Siapa tahu adanya perubahan malah akan membuat lebih mesra. Tapi jika tidak, kenyataan pahit memang harus ditempuh. Lagian siapa yang mau terus-terusan sedih dan menderita karena cinta.

7. Prediksi masa depan

Hubungan yang punya tujuan pasti akan membuat anda dan pasangan lebih semangat menjalaninya. Jika memang sudah saatnya untuk serius tak ada salahnya menguatkan komitmen. Setidaknya jangan menghindar jika membicarakan hal tersebut. Suatu hubungan terutama jarak jauh perlu ‘iming-iming’ yang membuat anda dan pasangan tetap kuat. Setidaknya ada sesuatu yang diharapkan dan dituju.

About these ads
  1. AKU SELALU PACARAN JARAK JAUH BUT HUBUNGANKU GAK TAHAN LAMA PASTI BERUJUNG PUTUS……… di dalam pikiranku selalu terbayang kalo pacaran jarak jauh pasti salah satu diantaranya ada yang selingkuh,,_ iya kan????????????
    saat ini aku ingin mencoba pacaran jarak jauh kembali mengingat masalaluku yang sangat pahit bersama mantan kekasihku….
    thanks yach atas semua tips-tipsnya!!!!!!!!!!

    Saya Menjawab :
    sama-sama. semoga bermamfaat bagi saudara

    • nezya
    • Februari 8th, 2009

    haiii..skrg ini aku lgi ngejalanin hubungan jarak jauh nieh..
    emg sih pertama2 aku asik2 aja tapi stlah ud lam ngejalanin hubungan ini aku mkin bingung karna dia ada di tempat or kota yg berbeda..
    disini aku sendiri dan sibuk sekolah??
    tapi aku ngerasa bosan aja ama cowok aku??
    tapi aku masih sayank bgt ama dia..gimana donk??bantuin niehh??

    Saya Menjawab:
    haii juga…………..
    kalo kamumerasa bosan, coba kamu ngomong jujur ama cowok kamu. trus cari penyelesaian masalah itu berdua. usahakan untuk saling terbuka dan tidak saling mencurigai satu sama lainnya. mintalah sebuah kepastian dari dia, contohnya minta supaya dia mengatur jadwal apel walaupun cuma sebulan sekali, kan jauh tuh. mudah-mudahan bermanfaat. thanks

    • tika
    • Maret 22nd, 2009

    hy,,skrg aq lg njlanin hub. jrk jwh,dlu2 cwo aq ga prnh dtg wat ngapelin aq,tp stlh aq geretak dy dtang jga,tp tu jg cm sbulan ja brjlan lncr,stlag itu dy udh ga prnh dteng lgi.Awl nya aq sbar ngadepin dy yg sllu ky gni,tpi lma klmaan aq bosen,ga lma aq mtusin dy.Tp dy ttep ga mo,,dy blng dy msih syang sm aq,tpi aq yg trsiksa sm skp’a yg ky gni…
    Pliz,tlongn aq dnx,,!
    aq bngung hrz gmnaa..

    Saya Menjawab :
    gini yah……….
    emang ada seh tipe cowo yang kaya gitu, dia gak mau atau malu kalau berkunjung kerumah cewe. coba kamu tanyain dulu alasan dia kenapa dia gak mau berkunjung kerumah kamu. jujur aja, biasanya cowo yang enggan kerumah cewe, kebanyakan gak serius dalam menjalin hubungan. dia gak serius dalam menjalin hubungan dengan kamu.
    mengapa?? karena dengan dia berkunjung kerumah kamu, dia akan bertemu dan bertatap muka langsung dengan orang tua kamu, trus orang tua kamu kenal ama dia dan akibatnya dia susah untuk mutusin kamu. makanya lebih baik kamu cut aja hubungan kamu dengan dia kecuali kalau dia mau berubah.
    thanks.

    • Nengnov
    • April 7th, 2009

    Q jalin hub jrk jauh sm cowk aq ud hampr 2thn, dy pulg mgkn cm kl lbaran ato klo ada lbur lma mslnya 1minggu. Sbnrnya Q brt bgt jlin hub jrk jauh, tp trpaksa cz dy krj utk msa dpn qt. Dl wkt msh dkt gk prnh sih ada mslh, tp stlh long distance kyknya ko ad2 aj tu mslh yg muncul. Mgkn jg krn faktor krinduan.Dl dy gk prnh nuntut ap2 ke aq. Tp skrg dy mulai nuntut ssuatu ke aq, dy blg kl plg dy pgn(…)n aq mengiyakan prmintaan dy. Pdhl dlm hti aq gk mnyanggupi hal itu. Aq trpaksa blg iya krna Q tkt dy kcwa n brpaling dariQ. Sebaiknya Q jjr aj ato ttp brbohong smp dy pulg nanti ato gmn ya? Q bingung, tlg ksih masukan ya…TQ before,

    Saya Menjawab:
    dalam menjalin sebuah hubungan jarak jauh, dibutuhkan dana sangat diperlukan sebuah kejujuran. dalam hal ini lebih baik kamu bilang aja semua masalah kamu ama dia, jujur aja dan jangan samapi ada yang kamu tutupin. trus kamu harus bilang bahwa kamu masih sayang ama dia dan mintalah pendapat dan tangggapan dia tentang ppap yangkamu rasakan. pikirkanllah secara bersama sulosi yang terbaik dianttara kalian berdua, jangan samapi kamu mengambil sebuah keputusan sepihak yang akan berakibat pada sebuah penyesalan nantinya.
    sebuah perpisahan untuk masa depan yang baik bukanlah sebuah keputusan yang bijak bila salah satu pihak merasa tertekan oleh pihak lain. coba kamu pikirkan baik-baik, apakah kamu akan tetap menjadi kekasihnya apabila dia sudah berhasil dinegeri orang?? disini diperlukan sebuah komitmen yang mengikatt antara dia dan kamu agar ada sebuah jaminan bahwa dia tidak akan meninggalkan kamu kelak.
    masalah apa yang telah kamu berikan kepada dia merupakan sebuah akibat dari ketakutan kamu akkan kehilangan sebuah cinta dari dia. tapi dengan kamu memberikan “hal tersebut” kepadanya apakah dapat menjamin dia tidak selingkuh, dia dapat setia kepadamau dan tidak akan meninggalkanmu?? menurut aku hal tersebut tidak menjadi jaminan dia akann setia kepadamau, bahkan dia akan bilang kepada teman–temannnya kalau dia sudah mendapatkan manisnya “madumu”.
    sekali lagi, jujurlah dengan apa yang sedang kamu rasakan kepada dia, apa yang kamu rasakan disaat menjalin hubungana jarak jauh dan betukar pikiranlah apa sebaiknya yang harus kalian lakukan agar hubungan kalian dapat bertahan dari badai dan gelombang. satu lagi, mintalah sebuah jaminan agar dia tidak meninggalkanmu.
    mudah-mudahan bisa berhasil.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: