SEKS BEBAS

SEKS BEBAS : GAMBARAN KEHIDUPAN SEKS REMAJA DAN MAHASISWA DI KALIMANTAN SEALATAN DAN JAWA BARAT

I. PENDAHULUAN

1. PENGERTIAN SEKS

Seks merupakan naluri alamiah yang dimiliki oleh setiap makhluk hidup di muka bumi ini. Bukan hanya manusia yang memiliki naluri seks, tetapi juga termasuk hewan dan makhluk hidup lainnya (tumbuhan). Seks diperlukan untuk menjaga kelangsungan hidup hidup suatu spesies atau suatu kelompok (jenis) makhluk hidup. Tujuan utama dari seks adalah untuk repeuduksi buat kepentingan regenerasi. Artinya setiap makhluk hidup melakukan seks untuk memperoleh keturunan agar dapat menjaga dan melestarikan keturunannya. Selain itu tujuan seks adalah sebagai sarana untuk memperoleh kepuasan dan relaksasi dalam kehidupan (bagi manusia).

Kegiatan seks (bagi manusia) hanya boleh dilakukan ketika sudah ada ikatan yang sah antara laki-laki dan perempuan, ikatan itu disebut dengan nikah. Hubungan seks yang dilakukan diluar pernikahan merupakan suatu pelanggaran terhadap norma-norma (baik norma agama maupun norma-noram yang berlaku lainnya) dan merupak suatu perbuatan dosa yang besar dan sangat berat hukumannnya.

Kita sering mendengar baik dari cerita teman-teman ataupun dari berita tentang perilaku manusia zaman sekarang yang sering melakukan hubungan seks diluar nikah (merupakan bagian dari seks bebas). Hubungan seks tersebut merupakan hubungan seks liar yang dilakukan secara illegal dalam artian sudah menyalahi norma-norma yang ada.

Tidak sepantasnya apabila seorang manusia melakukan hubungan seks diluar nikah (seks bebas), karena hal itu lebih cenderung kepada sifat-sifat kehewanan. Coba kita bandingkan dengan hewan-hewan yang melakukan hubungan seks sesuka hatinya, dengan pasangan yang berbeda-beda dan dilakukan dimanapun yang penting ada kemauan. Hewan melakukan hal tersebut karena mereka tidak dianugerahi akal dan pikiran untuk melihat mana yang baik, mana yang buruk, mana yang pantas dan mana yang tidak pantas untuk dilakukan. Selain itu, hewan tidak terikat dengan norma-norma yang mengharuskannya untuk megikuti aturan dari norma yang berlaku dan mengikat seorang manusia. Kalau manusia melakukan kegiatan seks bebas, berarti derajat mereka tidak lebih dari hewan yang berwajah manusia, karena manusia dianugerahi oleh Tuhan akal dan pikiran untuk dapat memilih mana yang baik, mana yang buruk, mana yang pantas dan mana yang tidak pantas untuk dilakukan.

Hawa nafsu merupakan hal yang sangat menentukan dalam terjadinya perilaku seks bebas. Hubungan seks dilakukan apabila hawa nafsu sudah menguasai dirinya. Hawa nafsu membuat seseorang lupa segala-segalanya, termask lupa akan Tuhan, yang dia tahu hanyalah bagaimana caranya agar nafsunya tersebut dapat tersalurkan. Oleh karena itu, sebagai manusia ang diberukan kelebihan oleh Tuhan dibandingfkan dengan makhluk lainnya, kendalikanlah hawa nafsu kita agar derajat kita bias lebih tingi dari makhluk-makhluk yang lain. Karena diasaat kita kalah oleh hawa nafsu, maka derajat kita sama dengan seekor hewan.

Seks bebas merupakan pengaruh budaya yang datang dari barat dan kemudian diadopsi oleh masyarakat Indonesia tanpa memfilternya terlebih dahulu. Revolusi seks yang mencuat di Amerika Serikat dan Eropa pada akhir tahun 1960-an sudah mermabah masuk kenegeri kita tercinta ini melalui piranti teknologi informasi dan saran-sarana hiburan lainnya semakin canggih. Sekarang, untuk mendapatkan suatu video, gambar dan cerita-cerita tentang seks dan pornografi lainnya sangat mudah, tinggal cari di internet dengan mengunjungi situs-situs yang meyediakan layanan dewasa tersebut selain itu juga film-film dewasa tersebut juga sudah dijual oleh para pedagang kaset dan video. Begtu mudahnya akses untuk mendapatkan hal-hal yang berbau pornografi sekarang ini menyebabkan semakin meningkatnya angka perilaku seks bebas di dalam masyarakat.

2. FASE REMAJA

Manusia selau mengalami perubahan, baik itu perubahan yang bersifat fisik (bentuk tubuh) maupun yang bersifat nonfisik (sifat dan tingkah laku). Masa remaja merupakan masa yang pasti dialami oleh setiap orang. Pada masa ini, pola piker kita mengalami peralihan dari pola pikir yang masih bersifat kekanak-kanakan menjadi pola pikir yang lebih dewasa. Setelah melewati masa remaja maka setiap orang akan memasuki sebuah tahapan atau fase yag disebut dengan fase pendewasaan. Di dalam fase ini manusia mengalami perubahan pola pikir menjadi lebih matang secara bertahap.

Pada masa remaja biasanya setiap individu masih bingung dalam menentukan siapa sebenarnya dia (tahap pencarian jati diri) dalam artian masih mencari apa yang harus ia lakukan dalam kehidupannya. Pada masa inilah diperlukan penanaman nilai-nilai norma yang berlaku agar pada waktu menjalani fase pendewasaan tidak terjerumus kedalam jurang kesalahan yang dalam.

3. FASE PENDEWASAAN

Masa remaja biasanya dialami pada saat usia sekolah menengah, setelah masa remaja ini terlewati maka fase selanjutnya adalah fase pendewasaan yang biasanya dialami setelah lulus SMU atau pada waktu (seumuran) pertama kali kuliah (awal menjadi mahasiswa). Pada saat menjadi mahasiswa pola pikir seseorang akan menjadi semakin kritis, responsive dan cenderung idealis. Pada fasae inilah pola piker terbentuk menjadi semakin matang. Tapi yang saya maksud disini bukan berarti bahwa karena menjadi mahasiswalah pikirannya menjadi lebih matang, tetapi yang saya maksud adalah pada waktu seumuran mahasiswa walaupun seseorang tersebut tidak menjadi mahasiswa (yang mengalami hal ini bukan haya mahasiswa tapi semua orang).

Saat pertama menjadi mahasiswa, setiap individu pasti merasakan perbedaan yang sangat signifikan dibandingkan dengan masa-masa SMU dan kemungkinan terjerumus kedalam hal-hal yang negatif (seks bebas) sangat besar. Apalagi, bagi mereka yang arus tinggal terpisah dengan orang tua mereka.

II. FAKTA DAN ANALISIS

Saya akan membahas tentang perilaku seks bebas di kalangan remaja (siswa SMU) dan masiswa. Fakta-fakta yang saya temukan dilapanganakan saya tulis dan sya analisis seadanaya.

1.REMAJA (SMU)

Saya melakukan survey di sebuah kabupaten yang terdapat di provinsi Kalimantan Selatan. Kabupaten ini kuarang lebih 100 Km dari ibu kota provinsi yaitu Banjarmasin.

Dari hasil pengamatan yang saya lakukan selama ini dapat saya tari kesimpulan bahwa hanya sebagian kecil yang melakukan hubungan seks diluar nikah. Hal ini disebabkan karena ada beberapa tahapan yang biasanya dilakukan sebelum seseorang berani melakukan hubungan seks yaitu:

  1. Pegangan tangan
  2. Ciuman sebatas ciuman di pipi dan kening
  3. Ciuman bibir (kiss franc)
  4. Pelukan
  5. Petting (mulai berani melepas pakaian bagian atas)
  6. Meraba kebagian-bagian yang sensitif (mulai berani buka-bukaan)
  7. Melakukan hubungan seks

Biasanya para remaja pada saat berpacaran baru berani melakukan tahapan dari nomor 1 sampai dengan nomor 5 (walaupun banyak juga yang berani melakukan tahapan nomor 6, tapi hanya sebagian kecil yang sudah berani melakukan hubungan seks denga pacarnya).

Saya pernah menemukan seorang siswi SMU kelas 3 yang kumpul kebo dengan seorang laki-laki yang merupakan seorang mahasiswa. Mereka sangat berani tidur satu kamar dan melakukan hubungan seks. Bahkan menurut teman satu kelasnya, seks merupakan kebutuhan yang wajib mereka penuhi dalam kehidupan mereka. Ini merupakan sebuah kasus yang saya temui di sebuah kabupaten yang notabene jauh dari hiruk pikuk kehidupan kota. Mungkin ini hanya satu kasus yang saya temui dan saya teliti, dan tidak menutup kemungkunan ada beberapa (mudah-mudahan jangan banyak) pasangan-pasangan lain yang melakukan hal seperti itu juga.

Terlintas dalam pikiran saya sebuah pertanyaan ketika mengetahui ada remaja yang melakukan hubungan seks seperti diatas “apakah sudah sedemikian ruasaknya pergaulan remaja saat ini?”. Memang saya akui tidak tidak banyak kasus hubungan seks antar remaja yang say dapati di daerah ni, tapi daerah yang saya amati dan teliti ini merupakan daerah yang jauh dari hiruk pikuk kehidupan kota besar seperti Banjarmasin. Dini dapat saya simpulkan bahwa didaerah yang seperti itu saja sudah terdapat kasus seks bebas, apalagi kalau di kota besar, mungkin hal itu sudah biasa terjadi (mudah-mudahan saja tidak).

2. MAHASISWA

Mahasiswa seharusnya adalah sosok yang mempunyai wibawa bukan sebaliknya malah tidak memunyai wibawa sama sekali. Dengan melakukan hubunga seks diluar nikah, apakah seorang mahasiswa pantas menjadi sosok yang diteladani?. Menurut pengamatan saya, sebagian besar mahasiswa pernah melakukan hubungan seks diluar nikah. Bahkan hubungan seks tersebut bukan hanya dilakukan dengan satu pasangan saja melainkan dilakukan denbgan beberapa pasangan (gonta-ganti pasangan).

Dalam bagian ini saya tidak terlalu banyak menganalisis, akan tetapai saya akan menyuguhkan fakta-fakta yang ada dan mengajak pembaca untuk berfikir dan menganalisis sendiri apa yang sebenarnya sudah terjadi dikalangan mahasiswa dalam hal seks bebas.

Dalam tulisan ini saya suguhkan fakta-fakta yang teradi di daerah Bandung dan Banjarmasin. Silahkan anda membandingkannya sendiri.

A. Bandung

Saya melakukan pengamatan di daerah pendidikan yaitu daerah Jatinangor, karena di situ terdapat beberapa Universitas besar di Indonesia.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa sebagaian mahasiswa (khususnya mahasiswi) disana walaupun belum resmi pacaran (masih dalam tahap teman) sudah bias diajak untuk melakukan hubungan seks (bukan berarti semuanya). Dapat dibayangkan bahwa baru sebatas teman saja sudah melakukan hubungan seks, apalagi kalau sudah pacaran.

Saya menemukan bahwa sebagaian besar toko-toko disepanjang jalan dari IKOPIN sampai daerah UNPAD kampus 2 menjual kondom. Pertama kali saya mengetahui hal tersebut saya semapat syok, karena daerah saya sangat susah untuk mendapatkan kondom. Saat saya mau beli rokok dan masuk kesebuah toko yang notabene terasuk pedagang kaki lima, disana bukannya rokok yang dipajang didalam kotak kaca (biasanya rokok dipajang di dalam kotak kaca agar pembeli dapat memilih rokok yang dia inginkan) melainkan kotak-kotak kondom yang berjajar rapi, sedangkan rook di taruh di tempat yang agak tersembunyi. Dari hal tersebut diatas dapat disimpulkan bahwa kondom merupakan hal sudah tidak tabu lagi untuk diperjualbelikan bagi masyarakat secara umum dan dari sini dapat kita simpulkan lagi bahwa banyak orang yang memerlukan kondom-kondom tersebut. Dengan menfasilitasi penjualan kondon secara bebas tersebut mengidentifikasikan bahwa telah terjadi degradasi moral yang sangat membahayakan.

Seoarang sopir angkot jurusan Sumedang-Cileunyi yang tinggal di dekat kampus UNPAD mengatakan bahwa perilaku mahasiswa dikos-kosan di dekat ia tinggal sudah tidak bias dikotrol agi (dalam hal kegiatan seks bebas). Mereka melakukan hubungan seks di dalam kamar kos-kosan secara bebas tanpa memperdulikan lagi orang-orang yang ada disekitarnya dan tidak memperdulikan segala norama yanag berlaku di masyarakat.

Tahun 2006 sewaktu saya pindah kos dari daerah Caringin (kos yang lama) kedaerah Cileunyi (kos yang baru) saya sanagt terkejut pada waktu pertama kali masuk kamar di kosan tersebut. Didalam kamar tersebut berserakan kondom bekas yang sudah dipakai. Saya sangat jijik kalau mengingat hal tersebut. Salah seorang penghuni kos tersebut mengatakan bahwa kamar tersebut sering dipakai untuk melakukan hubungan seks oleh penghuninya yang dulu. Selain itu ada juga teman saya yang sering menyewakan kamar kosnya untuk dijadikan tempat mesum bagi temannya dengan menarik pungutan biaya sewa (sebungkus rokok).

Cerita diatas hanyalah sekilas gambaran tentang kehidupan mahasiswa dibandung. Masih banyak lagi cerita-cerita yang menggambarkan tentang seks bebas yang saya dapatkan dan saya alami langsung, akan tetapi saya hanya memuat beberapa cerita untuk mewakili semuanya.

B. BANJARMASIN

Kehidupan mahasiswa di Banjarmasin kalau dilihat dari luar tidak akan menunjukkan adanya kegiatan yang mengarah kepada seks bebas. Akan tetapi kalau kita melihat lebih dalam lagi yaitu masuk kedalam kehidupan dan keseharian mereka maka kita akan menemukan sesuatu yang mengidentifikasikan tentang adanya kegiatan seks bebas di kalangan mahasiswa.

Rata-rata kos dan asrama putri di Banjarmasin hanya menerima tamu sampai dengan jam 09.00 malam dam jam 10.00 malam pada malam minggu. Tamu laki-laki hanya diperbolehkan bertamu di ruang tamu (bagi kos yang punya ruangan untuk bertamu) dan ada juga yang langsung boleh masuk kedalam kamar (bagi kos yang tidak punya rungan untuk bertamu). Sedangkan di kos laki-laki sebagian beasar (walaupun tidak semuanya) memiliki kebebasan yang lebih bila dibandingkan dengan kos putri.

Dibandingkan dengan Bandung yang memperjualbelikan kondom secara bebas, di Banjarmasin kondom tidak bebas untuk diperjualbelikan secara bebas dan tidak dapat dikonsumsi secara umum. Bahkan sampai sekarang sayapu belum menemukan took yang memperjualbelikannya secara bebas, akan tetapi menurut beberapa mahasiswa yang saya temui mengatakan bahwa sangat mudah untuk menemukan dan mendapatkan kondom.

Teman saya yang kebetulan juga seorang mahasiswa mengatakan bahwa sebagian besar mahasiswa di sana sudah pernah melakukan hubungan seks dengan pasangannya yang notabene adalah pacarnya. Hubungan seks tersebut biasanya dilakukan dikos putra dan ada juga yang dilakukan di kos putri pada saat teman-temannya yang lain pergi kuliah atau pada saat kos lagi kosong, serta ada juga yang melakukannya di hotel (motel) atau tempat yang menyediakan jasa tempat untuk melakukan hubungan seks secara bebas. Katanya lagi pernah dilakukan razia gabungan oleh petugas polisi, satpol pp dan warga ke sebagian kos baik putra maupun putrid dan hasilnya sangat megejutkan yaitu ditemukan ratusan kondom baik yang sudah bekas pakai maupun yang belum dipakai.

Seorang mahasiswa yang berinisial MJ megatakan sering melakukan hubungan seks dengan pacarnya di kamar asrama tempat dia tinggal, bahkan pacarnya tersebut pernah melakukan aborsi sebanyak 2 kali akibat hubungan mereka tersebut. Menurutnya hubungan tersebut dialakukan pada saat siang hari karena tamu hanya diperbolehkan berada di dalam asrama sampai dengan jam 09.00 malam.

Saya punya teman seorang wanita yang pada waktu SMU sangat pemalu, pake jilbab dan rajin eribadah. Setelah lulus SMU dia langsung melanjutkan kuliah di Banjarmasin. Satu tahun berselang, saya endapatkan kabar tentang rencanapernikahannya dengan seorang laki-laki yang merupakan pacarnya sendiri. Saya kaget dan bertanya, kok cepat banget seh pernikahannya, apa tidak menunggu dia lulus kuliah dulu? Setelah saya selidiki dengan cara bertanya kepada teman-teman saya yang lain ternyata wanita (mahasisiwi) tersebut sudah hamil duluan.

Mahasiswa yang lainnya mengatakan bahwa seks adalah bagian yang tidak dapat dipisahkan dari yang namanya pacaran. Seks merupakan bumbu pelengkap dalam pacaran. Apakah memang beitu? Akupun bertanya dalam hati, seperti inikah mahasiswa sekarang? Apakah tidak ada lagi norma-norma yang harus mereka taati? Apakah lepas dengan orang tua lantas merasa bebas?

Apakah seks bebas sudah merambah ke Banjarmasin? Dari uraian dan cerita-cerita diatas dapat kita tarik kesimpulan bahwa seks bebas memang sudah merambah kedaerah Banjarmasin. Mengerikan.

III. KESIMPULAN dan SARAN

1. Kesimpulan

Seks bebas sudah menjadi hal yang tidak tabu lagi bagi kalangan remaja dan mahasiswa di Indonesia. Kegiatan seks bukan hanya dilakukan oleh pasangan yang sah menurut agama dan hokum yang berlaku akan tetapai juga dilakukan oleh para pelajar dan mahsiswa.

Pelajar dan mahasiswa sekarang ini cenderung lebih mengutamakan pacaran dan kebutuhannya yang lain daripada menuntut ilmu. Mereka tidak lagi tenggelam dalam pelajaran akan tetapi sudah tenggelam dalam lautan asmara yang mereka namakan cinta.

2. Saran

Perlunya perhatian semua pihak baik pemerintah maupun masyarakat dalam mencegah terjadinya seks bebas. Masyarakat dan pemerintah harusnya aktif dalam mengkampanyekan anti seks bebas.

Pelajar dan mahasiswa harusnya lebih fokus kepada pelajaran bukan fokus pacaran. Masa depan kalian masih panjang.

NB : KRITIK DAN SARAN SANGAT SAYA PERLUKAN.

TULISLAH KRITIK DAN SARAN ANDA DI TEMPAT YANG SUDAH DISEDIAKAN ATAU KIRIM SAJA EMAIL KE naff_r@yahoo.co.id

Thanks

    • dedhe
    • Juni 8th, 2008

    wah… tulisan yang bagus. remaja sekarang hanya menuruti hawa nafsunya aja. mereka tidak berpikir kedepan atas perbuatan yg dilakukan. pacaran hanya topeng untuk melampiaskan nafsu. yang berani melakukan ini hanya orang2 pengecut, krn tidak berani menikah.

      • ekharyaDimelgha
      • Februari 20th, 2010

      sebaiknya itu semua harus ada pengawasan khusus dari orang tua,agar anak dapat berfikir panjang untuk melakukan semua itu.

      • Mas Tejo
      • Maret 4th, 2011

      bener tuh…

  1. makalah yang bagus.
    sebagai saran, objek penelitiannya kurang banyak

    • Arell
    • Juli 28th, 2008

    Tidak ada salahnya bukak-bukaan dalam artian mengungkap underground kehidupan malam, tapi kayaknya hal sedikit tapi menonjol tidak hanya terjadi di Banjarmasin aja loh…, ada kalanya orang berbicara “enggak semuanya loh mas orang …… kayak gitu, tapi klo ada kesempatan kadangkala berubah. Kenapa ndak di lakukan, wong wuenakkk…..”

    • To Arell and all.
      The demons are granted by God Al mighty to lure human beings to accompany them in Hell. So, until the end of the world, those sinners will be existed. If we cannot fight the sinners, at least don’t become one of them. Then, try to protect our family from those filthy sinners too. And you’re right Arell, THE HELL is surounded by forbidden but pleasureable acts. Beware!!! It’s up to us, to choose. whether we want just to be happy in this immortal world, or to be happy also in the hereafter.
      (I’m an Indonesian, but I’m also a person of the world)

  2. mantap gy..tapi jangan hanya bandung dan kalsel ja jadi contoh.ntar lihat jga blog aq ya

    Saya Menjawab:
    Thanks yah.
    ntar aku liat blog kamu.

  3. arkadaşlık

    Saya Menjawab :
    kaga ngarti. bahasa apaan lagi tuh??

    • ika
    • Maret 3rd, 2009

    mang skrang ni banyak sekali yang melakukan hub ni. pertama tama mereka hanya ingin iseng2 tapi karna mereka merasa enak jd ktagihan de. he he he

    Saya Menjawab :
    yah … emang begitu. gara-gara enak sebentar mereka akhirnya terjerumus kedalam jurang yang sangat dalam. hiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii takuuuuuuuuuuuuuuuut!!!!!!!!!!!!!

  4. seks bebas tu asyik lho

    Saya Menjawab :
    kata siapa?? kata kamu kan??? enak bentar, tapi sakitnya lama. di neraka

      • andria
      • Juni 17th, 2012

      Mudah2an lu (ika) mati kelindes truk.. Amin ya Allah..

    • Hmmm, klo halal lbh enak stiap x berhub mjd ladang pahala

  5. Mantep banget…selalu konsen utk remaja
    Saya copy ya Mas…utk sumber pustaka tulisan ttg remaja

    Saya Menjawab:
    boleh banget, tapi jangan lupa tulis nama dan blog aku yah…. he…….he………..
    thanks banget.

  6. Klo pacaran pake donk logika !!! Biar u ngga’ gila

    Saya Menjawab :
    kadang sebuah logika hanya menjadi sebuah ilusi bagi fakta

    • pramudia
    • Mei 13th, 2009

    waaaahhhhh thanks ya ????????????
    akhirnya tugas agku dpat terselesaikan dengan baik . skali lagi TERIMA KASIH .

    Saya menjawab:
    sama-sama.thanks yah udah mampir

    • arief
    • Juni 22nd, 2009

    untung g sumatera barat..cuman jawa barat…

    Saya Menjawab:
    untung ajah aku belum pernah ke sumatera barat, kaloo aku udah pernah kesana pasti aku bandingin juga. he………hhhhe………….

    • arief
    • Juni 22nd, 2009

    coba nulis ttg sumatera barat,,ni orang minang asli marah..klo nulis itu dkoran bkn dblog…biar ada ongkosnya,,,

    Saya Menjawab:
    Blog itu buat latihan nulis, kalo udah pandai, baru aku nulis di koran. sekalian nyari usaha sampingan.

      • arief
      • Juni 23rd, 2009

      oh nglawan y?

      Saya Menjawab :
      gak ko. he.he………….

    • ecuy
    • Juni 24th, 2009

    astagfirulahhhhhh
    y allah lindungilah kami dr godaan saiton yg terkutuk.ingatkan kami apabia kami keluar dri alurmu.amin

    Saya Menjawab :
    amien.amien……………Mudah-mudahan Allh selalu memberikan kita jalan yang menuju terang

  7. Assalamu’alaikum wr. wb.
    Anak saya yang ke tiga, putri, alhamdulillah, diterima di Unpad tahun ini. Insyaallah kampusnya berada di Jatinangor. Setelah membaca tulisan di blog ini, saya jadi agak khawatir. Ada saran tentang tempat kos yang aman? Saya tinggal di Jakarta. Mohon informasinya. Terima kasih.
    Wassalamu’alaikum wr. wb.

    Saya Menjawab:
    Wa alaikum slam wr.wb
    Ibu gak usah khawtir dengan anak ibu. kalo masalah kost yang baik, banyak juga seh bu. cari aja kost yang khusus cewe dan tidak diperbolehkan cowok masuk kedalamnya. trus cari kost yang rada-rada ketat peraturannya. kalo bisa nyari kost yang ada ibu kostnya biar ibu kost bisa memantau kegiatan anak ibu. jangan nyari kost yangberada di depan kampus unpad bu, cari aja kost yang disebelah unpad, disitu banyak jga kost-kostan khusus cewe. tapi menurut saya, semua itu tergantung dari anak ibu sendiri, lingkungan dan .pengawasan. walaupun kost anak ibu aman tapi ibu tetap harus memperhatikan anak ibu karena takutnya terjebak dalam pergaulan dengan lingkunganyang gak bener. udah terlalau bnayak temen saya yang terjebak dlam lingkungan seperti tu dan sangat susah untuk keluar dari lngkungan seperti itu kecuali kalau emang ada keinginan yang kuay untuk berubah.mudah-mudahan anak ibu bisa menjaga diri disana dan tidak terlibat dlam konspirasi setan yang sudah melembaga diditu. amien.
    wassalamualaikum wr.wb

    • septiyan
    • September 24th, 2009

    saya ingin bertanya, saya peranah pacaran hingga 1 tahun lebih, kemidian putus dan sekarang saya sudah mempunyai pacar baru. tap saya kok masih sayang sama mantan pacar saya itu. yang ingin tanyakan bagaimana cara saya menghilangkan rasa sayang saya kepada mantan saya dan manimbulkan rasa sayang saya kepada pacar saya yang sekarang

    Saya Menjawab :
    perlu sebuah perjuangan yang panjang untuk merubah segalanya. Apakahkamu sering ketemu atau berpapasan dengan mantankamu?? kalo iya, berarti kamu harus atu sebisa mungkin mencari jalan agar kamu tdak melihatantankamu lagi. sering-seringlah berduaan dengan pacar kamu, tapi bukan untuk hal yang aneh-aneh, tapi untuk saling bertukarpikiran tentang semuanya, buat lahpacar kamu sekarang sebagai bidadari yang selalu menemani kamu.

    • joe ganteng
    • Oktober 14th, 2009

    pegangan tangan ciuman terus berkelanjutan..moral dah berubah gra2 pendidikan sex yg salah guna dan tayangan2 tv yg ga mendidik kurangnya kreatifitas + narkoba cb bandingkan dgn orang2 kampung yg belum pernah bersentuhan dgn teknologi..pekembangan zaman yg kebabalasan yg membuat anak indonesia mati kreativitas karena mereka belum siap..selain hukum Negara,hukum adat dan agama,juga hrs ditegakkan.,seperti tajamnya pedang Umar bin khatab.,baru bisa sejahtera, aman adil dan tentram Negara ini..wass..

    • nana
    • November 9th, 2009

    uwda jaman edan..
    py kn dr manusiax juga….!

    • edy
    • November 12th, 2009

    ass….
    wah keren mmbahas ,msalah seks..
    kebeneran saya lagi meneliti masalah seks bebas ney semoga bacaan tdi bermanfaat wat saya..

    Saya Menjawab :
    makasih banyak, mudah-mudahan tulisan saya bisa bermamfaat bagi anda dan semuanya

  8. bener sob,.,.yang pasti kita hanya bisa jaga diri kita masing masing .jangan sampai terjebak dalam dilema cinta.

    • etha
    • November 28th, 2009

    Makasi buat penulisny.
    Ud buat artikel ini yang ud bantu tgas ku yang susah …
    Salam ^^

  9. Mnurut saya,mkalah kmu bgus,bgus buangetz ! !
    But,jngn hx ngsh cnthx di 2 kta ajh ! Cba deh, mas tliti di kta AMBON ! Bxk ap ga,org yg lakuin sex beb4z..? Kmh0n ya,mas tlitiin. Agr ku bis mMbndingkanNya…! GoOd luck trZ Ya..dlam krirny ! By sy.n.r.asSagaf

    Saya Menjawab :
    makasih banyak atas sarannya. sebenarnya aku pengen banget neliti masalah seks bebas lagi, tapi sekarang waktu yang tersedia sangat sempit sehingga sangat susah untuk melakukan penelitian. lagian aku tinggal di kalimantan selatan, kan jauh banget dari kota ambon.
    kecuali kalo kamu punya data-data yang valid, aku bisa buatin tulisan ilmiah tentang itu. makasih.

  10. Ywdh,g p4p4 ! ! !
    Ech,m4s skrg g’kuliah ya ? Em4nk ct42ny ap sich ? Smpe pnGn bnGt tliti tnTng sex bBs ?? ? ?
    Atw cmN kpngn ajh ?

  11. Akan lebih keren lagi kalo ada video rekaman hubungan sex mahasiswa (kalo bisa ceweknya yang cantik) dari hasil pengamatan anda tadi huehehehe…. just kidding…

    Saya Menjawab :
    Dosa bro….. dilarang ama hukum walaupun asyik……… ha….ha……

    • Fika
    • Desember 27th, 2009

    Ya emang tulbet,banjarmasin bukan hanya ketularan,tp sudah Endemik.gak jauh2 sekitar kita aja banyak tuh yg baru kawin 3bulan sudah hamil 7 bulan.keduluan kan.belum lagi yg pake pengaman hamil.seabrek.

  12. Wow,,,artikelnya bgus bnget Cuy…!!! Gw suka bngt. oy, tmpt loe kan di Kal-Sel, ntr skalian telitiin diKal-tim JUga yea. kan dket aj Ma banjarMasin. Anywey, diKal-tim_tue terkenal dgn pergaulannya yang bebaz, So…cma lue yg bsa ngerangkum ttng SEx tue smua. V, klw bsa sich!!! oy, ntr klw Lue ke Kal_Tim kbar-kbarin Gw yea. Wass….:-)

    sAYA Menjawab :
    thanks yah atas komentnya. ntar aku kalo ke kaltim ngasih kabar deh…..
    tapi gimana caranya ngasih kabr neh>???

    • echy
    • Januari 17th, 2010

    saya setuju banget ma pendapat kakak….
    emank skarang tu para remaja makin gawat aja
    saya aja hampir terjerumus,,,tapi untung saya ingat Tuhan,,,,,,,,,
    he he he

    • Agnes Widya
    • Februari 11th, 2010

    Call me now @ 08125294090 / 0878 3900 6100 !!
    East Java – Agnes Widya

    –>> dyaning_cute@yahoo.com

  13. KeRen cuy.. Tp krang bnyak.. Tntng dampakny ga da.. Tp gpP seh ne jg dah ckup wat bhn tgs bikn makLah.. Thank’s to cWo trgnTeng se- IndoNesia.. ^^

    Saya MEnjawab :
    Nanti saya akan muat tentang dampaknya. ini saya lagi nyari bahan lagi alias lagi meneliti lagi, karena sekarang banyak perubahan. makasih….

    • endang suciani
    • Maret 4th, 2010

    informasi tentang seks itu, disini kurang banyak,,,,,,, tolong dong bANYAkin………………………………

    saya menjawab :
    iya nanti ditambah lagi tulisannya. maksih atas komentnya.

    • Imandhar
    • April 12th, 2010

    Wah.. Makalahnya bagus.. Tpi bner tuh yg d blang ma yg d atas tdi. Dampaknya.. Dan klo saya bisa tmbahin, kan saya tinggal d daerah ibu kota. Nah, bkan cuma anak sma ma anak kuliah aja loh. Anak smp jga udah kena prgaulan bebas ini. Tpi masih pda batasan nomor 4-5 kebanyakan..

      • bagdies
      • April 13th, 2010

      bener banget. makasih yah atas tambahannya. memang sih kayanya sekarang nomor 4-5 itu sudah menjadi kebiasaan kalo orang lagi pacaran. bahkan lebih dari itu. aku pernah liat di tv bahwa ada anak kelas 2 smp yang menjual dirinya kepada cowok hidung belang. bahkan gak usah di ibu kota, di kota saya aja juga terjadi kaya gitu. makasih

    • rizal
    • Juli 6th, 2010

    astagfirullohh…

    ya sih kebanya kan remaja kini banyak yang melakukan perbuatan sek tetapi itu karena cara penyam paiyan pendidikan sek yang tidak benar, atu dsri faktor pergaulan bebas, ya ku cuuamn mau kasih tau z ngapain berbuat sek kalau gk da gunanya erugikan diri sendiri n da 1. hal ingat ya KARMA itu berlaku….

      • bagdies
      • Juli 8th, 2010

      setuju banget…………… ingat masa depan dan hari tua kita nantinya.

    • freey
    • Juli 12th, 2010

    Harusnya masyarakat indonesia jangan dilarang melakukan yang merupakan haknya. Kalau seks bebas terserah, tapi jangan ada unsur paksaan (perkosaan). Paksaan itu yang seharusnya dicegah dan diawasi. Trus perlu juga peran orangtua agar memberikan arah yang benar dan mengajari anaknya tentang resiko2 seks sebelum menikah. jadi peran orangtua yang harus benar-benar benar (100x) penting. Tapi kan kita tidak bisa mencegah seseorang melakukan keinginannya tetapi tanpa MERUGIKAN orang lain juga. Seperti seseorang mencari pekerjaan yang diinginkannya, itukan haknya!!seperti itu juga seks.Seks itu juga penting lho dan bagian yang tak terpisahkan dalam peradaban manusia.Dan ada yang kurang di sini, seks itu bukan hanya terbatas pada melakukan hubungan intim (intercourse), jangan salah. coba baca buku – buku terkenal karya kedokteran dunia aq juga baru baca beberapa hari yang lalu. Hal – hal yang berhubungan dengan penampilan dan yang bertujuan menarik lawan jenis juga dibilang seks jadi bukan hanya intercourse saja.Kalau kita juga mau pacaran atau menikah pasti kita juga melihat tampilan fisiknya pertama (jangan munafik) jadi di sini peran seks (bukan intercourse) dalam arti memperbaiki penampilan kita agar menarik bagi lawan jenis, dan akhirnya ke tahapan yang lebih tinggi seperti tunangan dan akhirnya menikah trus jadilah anak, kan semuanya tidak bisa dipiahkan dari seks juga. Jadi menurutku yang penting adalah KEBEBASAN YANG BERTANGGUNGJAWAB, bukan paksaan harus begini begitu dan pengekangan yang berlebihan.Toh dia sendiri yang akan menanggungnya sendiri. Jadi kondom juga penting agar menghindari resiko yang tidak diinginkan. seperti kata orang : seks itu bukan segalanya, Tapi tanpa seks manusia tidak akan ada!!. Ada benarnya juga

      • bagdies
      • Juli 13th, 2010

      manusia itu kalau tidak ada aturan yang mengikat akan hidup seperti belantara hutan. jadi sangat perlu sebuah peraturan yang mengatur tentang kehidupan agar hubungan antar manusia dapat terjalin dengan baik. peraturan tidak bermaksud untuk melanggar hak asasi manusia tapi untuk melindungi hak asasi tersebut. memang, kalo melakukan seks bebas kaum cowo tidak akan merasa dirugikan. kaum cewe juga banyak yang menikmati pada saat melakukan atau sebelum sebuah musibah terjadi. tapi pada saat musibah terjadi maka penyesalan lah yang di dapatkan.
      selain itu agama juga melarang hal tersebut. hukumannya sangat berat.

    • Albert Tulle
    • Agustus 9th, 2010

    woooiiii,,,, seks bebas itu sangat berbaya,,,, jadi jangan pernah mencoba melakukan seks bebas,,,,, dampak dari seks bebas itu adalah HIV/AIDS….. IcH,,,,, mau loe terkena HIV/AIDS!!!!!! Nggak mungkin kan,,, jadi jangan melakukan seks bebas,,,,,

    • vedy
    • September 5th, 2010

    masa anjing melahirkan anaknya manusia ?kalo anjing betina jelas dong melahirkan anak anjing juga…artinya gini toh.kalo ayah sama ibu anjing ya tetap anjing anaknya.. kalo hewan ya tetap hewn anaknya..

      • bagdies
      • September 5th, 2010

      itu kan cuma perumpamaan.

    • desy
    • September 5th, 2010

    bearti bos yang melakukan sek bebas itu anjing ya ? ya iya lah,,mammaknya tu anjing..anknya jadi anjing juga,,,,hheeee

    • Tompomien
    • Desember 9th, 2010

    adobe suite cs4 adobe cs4 production premium
    windows 7 upgrade buy microsoft windows 7 professional
    windows xp pro operating system windows xp pro sp3
    microsoft office 2007 home and student microsoft office professional academic
    photoshop cs3 price learn adobe photoshop 7.0
    coreldraw.com graphics designing software
    autocad 2006 software graphics suite 12
    norton antivirus download norton 360 full
    cs3 design premium adobe illustrator cs2
    purchase adobe photoshop adobe photoshop lesson plans
    adobe dreamweaver tutorial dreamweaver cs3 free download
    microsoft office professional 2007 download cheap microsoft office
    buy mac os os x 10.6 snow leopard

    http://greatestdigitalone.com/img/baner/big2.jpg

    buy microsoft software online, buy download software buy software online
    shop software buy anti virus software buy cheap software online purchase software online
    buy cheap software online buy softwares online sell software online, buy spyware software
    list of computer software buy, buy backup software
    buy old software buy oem software retail management software
    buy software download buy spyware software buy software usa

    buy microsoft software
    buying computer software
    buy online software
    buy software usa
    buy pc software

    • arial
    • Januari 3rd, 2011

    seks bebas yang digandrungi oleh kaum intelektual muda kita (mahasiswa)adalah gambaran buruk masa depan bangsa kita terutama dalam tatanan moral, sy khwatir klu para pelaku seks bebas kemudian beruntung menjadi pejabat nanti melegalkan seks bebas melalui undang-undang yg gila, nauudzubillah,

    • ean_
    • Januari 26th, 2011

    wahh, makasih bgt ya… postinganmu bkin tugas karya tulisku hampir slesai nihh…
    thank’s a lot!

      • bagdies
      • Januari 28th, 2011

      sama-sama…. makasih banyak juga udah mau mampir dan mau koment. slam kenal…

    • Mardi susilo
    • Februari 17th, 2011

    Seks Bebas !!
    Nikmat membawa sengsara x yee…

      • bagdies
      • Februari 21st, 2011

      bener bangaet tuh….

    • syahrul
    • Maret 19th, 2011

    kak z mw tanya, blh gag???

      • bagdies
      • Maret 23rd, 2011

      boleh banget… mau naya apa???

    • sss
    • Maret 20th, 2011
    • ulil
    • April 7th, 2011

    ,,,emmmmm
    q suka banget tulisan 2
    ku rasa sangat bermanfaat,,,,,,,,,,,,,,

    • quachi
    • April 25th, 2011

    :: Waduch, ko w yg tinggal ddi jatinangor gk ttau ea klo ddi sini masalah sex bebaz yg beredar?? Mmmbb, masa si?? Ky’a jatinangor gk jlex* bgt dech tntanx sex bebaz ny… Huft, terserah lah aq angkat tangan jjah… Ckckckck… ::

    • carolinasaja
    • Mei 12th, 2011

    085334286712

    • fikran
    • Mei 28th, 2011

    bagus ciech makalah nya tpi argument nya di tambahin pzti lbih bguss…

  14. Purefitri :
    Assalamu’alaikum wr. wb.
    Anak saya yang ke tiga, putri, alhamdulillah, diterima di Unpad tahun ini. Insyaallah kampusnya berada di Jatinangor. Setelah membaca tulisan di blog ini, saya jadi agak khawatir. Ada saran tentang tempat kos yang aman? Saya tinggal di Jakarta. Mohon informasinya. Terima kasih.
    Wassalamu’alaikum wr. wb.
    Saya Menjawab:
    Wa alaikum slam wr.wb
    Ibu gak usah khawtir dengan anak ibu. kalo masalah kost yang baik, banyak juga seh bu. cari aja kost yang khusus cewe dan tidak diperbolehkan cowok masuk kedalamnya. trus cari kost yang rada-rada ketat peraturannya. kalo bisa nyari kost yang ada ibu kostnya biar ibu kost bisa memantau kegiatan anak ibu. jangan nyari kost yangberada di depan kampus unpad bu, cari aja kost yang disebelah unpad, disitu banyak jga kost-kostan khusus cewe. tapi menurut saya, semua itu tergantung dari anak ibu sendiri, lingkungan dan .pengawasan. walaupun kost anak ibu aman tapi ibu tetap harus memperhatikan anak ibu karena takutnya terjebak dalam pergaulan dengan lingkunganyang gak bener. udah terlalau bnayak temen saya yang terjebak dlam lingkungan seperti tu dan sangat susah untuk keluar dari lngkungan seperti itu kecuali kalau emang ada keinginan yang kuay untuk berubah.mudah-mudahan anak ibu bisa menjaga diri disana dan tidak terlibat dlam konspirasi setan yang sudah melembaga diditu. amien.
    wassalamualaikum wr.wb

    • Wawan
    • Juli 1st, 2011

    Jadi pengen ngewe lagi ma pacar..

  15. jangan muna yu semua nanti klu terjadi malah ketagiahan jaman sekarang udah lumrah yu 2 semua baru diam sekarang aj yu 2 semua blum bgt tolong komentar yg enak bkn tersingung tp komentar harus dipertanggung jwb kn klu waktunya terjd ya bg yg belum begituan jangan cb 2 komentar sapa thu nanti terpeleset begituan dn mkn tuh omongan sendiri, setuju fren

  16. Albert Tulle :
    woooiiii,,,, seks bebas itu sangat berbaya,,,, jadi jangan pernah mencoba melakukan seks bebas,,,,, dampak dari seks bebas itu adalah HIV/AIDS….. IcH,,,,, mau loe terkena HIV/AIDS!!!!!! Nggak mungkin kan,,, jadi jangan melakukan seks bebas,,,,,

    pake condom dong bos bebas hiv mau th yg benar dampaknya klu udah terjadi ya uang habis untuk gtan anak orang hamil tanggung jwb trus nkh deh dn amsoeng uang habis untuk biaya pernikahan

      • bagdies
      • Oktober 1st, 2011

      mending gak usah aja dilakuin…. kan lebih aman

    • trye
    • Oktober 12th, 2011

    seharusnya,sebagai mahasiswa atau pelajar yang baik harus bisa mengendalikan hawa nafsunya,agar tidak terjerumus pada pergaulan yang salah….

      • bagdies
      • Oktober 16th, 2011

      seharusnya memang begitu. tapi kita tidak bisa langsung menyalahkan mahasiswa atau siswa tersebut, karena bila kita lihat pelajaran di sekolah sekarang ini, anak-anak lebih diajarkan atau dijejali dengan pelajaran sekuler dan hanya sedikit tentang agama dan perilaku.

      • klw mwnurut saya melakukan sexs luar nikah itu memang gak baek, tp pasti ada alasannya bagi mereka untuk melakukan seperrti itu.

        • bagdies
        • November 1st, 2011

        saya rasa alasan apapun tidak akan pernah bisa diterima. alasan hanyalah sebuah pembenaran dari sebuah kesalahan yang sudah dilakukan….

  17. Dimana ada manusia lain jenis berdua-duaan lambat atau cepat sesaat kemudian akan ada godaan syuur datang.
    didaerah maupun di kota sama saja, dikota nampak karena ada yang meneliti dan didesa tidak di ekpos ke luar.
    untuk mengindari hubungan sek bebas berhati-hatilah berteman dan hati-hati juga minum air putih yang disuguhkan teman laki-laki yang walaupun udah lama dikenal. kejahatan terjadi bila ada kesempatan walaupun awalnya tidak direncanakan.
    sek bebas juga penyakit masyarakat
    hindarilah agar selamat

      • bagdies
      • November 1st, 2011

      setuju banget bro…. acungan dua jempol kepada anda…… thanks yah…

    • rahmad
    • Januari 20th, 2012

    mas tau tentang Nanggroe aceh darussalam?? tempat syariat islam dilaksanakan??? pasti mas lebih terkejut lagi karena disini sex bebas seperti di jakarta…. mengerikan

    • Anjell
    • Februari 6th, 2012

    Perlu ada pembinaan iman terhadap kaum muda..

      • bagdies
      • Februari 10th, 2012

      setuju…. perlu ada program atau kurikulum dari pemerintah demi perbaikan mentalitas dan perilaku remaja.

    • Haidar Bulet
    • Februari 6th, 2012

    Bagus banget artikelnya. Bisa jadi bahan untuk membuat tugas :)

    Saya juga prihatin, akhir2 ini makin marak yang namanya seks bebas. Bahkan di sekolah saya, kakak kelas saya(saya kelas 2 SMU di jogja) ada yang hamil di luar nikah. Saya membayangkan bagaimana sakitnya orang tuanya saat mengetahui anaknya hamil di luar nikah…

    Anyway, nice post bro. Keep posting /Best/

      • bagdies
      • Februari 10th, 2012

      terimakasih banyak….. mudah-mudahan bisa menjadi referensi buat anda. thanks

    • Raudah
    • Maret 5th, 2012

    Sayangnya penelitian ini tidak menyebutkan prosentasi (dari sejumlah sampel) dan tanggal diterbitkannya tulisan in jadi tidak bisa dijadikan acuan/referensi

      • bagdies
      • Maret 6th, 2012

      makasih atas masukannya… memang sengaja tidak dimasukkan tentang populasi dan sampelnya, metode penelitiannya dan tanggalnya. privasi. hal yang ditulis hanya hal yang umum aja. thanks

      • bagdies
      • Maret 6th, 2012

      makasih atas masukannya… memang sengaja tidak dimasukkan tentang populasi dan sampelnya, metode penelitiannya dan tanggalnya. privasi. hal yang ditulis hanya hal yang umum aja. thanks

      • bagdies
      • Maret 6th, 2012

      makasih atas masukannya… memang sengaja tidak dimasukkan tentang populasi dan sampelnya, metode penelitiannya dan tanggalnya. privasi. hal yang ditulis hanya hal yang umum aja. thanks

    • SHANTY
    • Maret 5th, 2012

    MUDAH2 ORNG2 YNG ADA DIDUNIA INI MENGERTI SMUA ACUAN SEK TRSBUT

      • bagdies
      • Maret 6th, 2012

      amien….amien ….. tapi kadang yang mengerti itu pura-pura tidak mengerti dan pura-pura tidak tahu

    • alif
    • April 11th, 2012

    yang penting bertanggung jawab atas semuanya

      • bagdies
      • April 12th, 2012

      tanggungjawab di dunia dan akhirat

    • rio yongmoodo
    • April 12th, 2012

    good

    • tyka
    • Mei 15th, 2012

    asalamualaikum
    saya cuman mau minta izin buat copy paste sebagian isi dari blog ini soalnya saya di tugaskan buat mencari tahu tentang seks bebas.

      • bagdies
      • Mei 15th, 2012

      wa alaikum salam wRahmatullah wabarakutuh….
      silahkan dek…. kopi aja. mudah2an bisa memberi manfaat kepada kita semua.amien

    • Joko
    • Juni 12th, 2012

    Mantap gan…. Ada yang mantap juga di http://www.marabahanku.blogspot.com

    • Muhammad Hidayat
    • Juli 19th, 2012

    Di mana-mana seks bebas menghantui masyarakat kita. Teman lama saya sudah banyak yang terkena. Sepertinya aturan pertemanan harus diperketat. Jika tidak diperketat, bisa fatal akibatnya.

    Jika Anda mempunyai waktu yang cukup, datanglah ke Ternate, Maluku Utara, tempat saya berasal. Di sana banyak terjadi kasus seperti itu. Lakukan penelitian di sana supaya saya juga bisa mengetahui hasilnya.

  18. Itu lah ciri dari negara demokrasi. Memang negara ini tdk memberikan sangsi kepada orng yg berzina atas dasar suka sama suka.

  19. jangan salahkan siapa2, salahkan diri sendiri yang tak mampu memfilter yang baik dari yg dilihat dsekitar..
    :)

    • Hanna Batrisyia
    • Maret 15th, 2013

    Sudah sedemikian bobrok kah generasi muda kita??? ;(
    parah sekali…
    Drpd begitu mending langsung nikah sj,,halal dan lbh barokah bahkan berbuah pahala…

  20. Mengapa seks bebas makin berkembang, walau pun kita sudah bersusah payah memperingati akan bahaya nya seks bebas di kalangan remaja muda. Sebenar nya ini semua datang dari diri kita sendiri, apabila kita biasa menahan suatu nafsu pasti semua ini tidak akan terjadi.

  21. astaghfirulloh ih takut :(

  22. Until now on Adventure Time Period 4 Episode 17 “B-Mo Noire”, B-Mo plays detective and efforts to discover Finn’s missing sock, and Finn becomes afraid that B-mo could be worrying a lot of to sort it out. Characters, whether it’s an actor playing a role or a cartoon character, adds a brand new dimension to any poster printing.
    Here is great news that Spongebob has won the award because of this year using the kid choice.

  23. Harus disebarluaskan, biar semua tahu bahayanya

    • shinhyemin
    • Juni 3rd, 2013

    sudah bnyk remaja indonesia yg sdh tdk perawan lg,
    kurg.a pengawasn dr orgtua n tokh msyrkt stmpt membuat par rmaj berani untk melakukn seks bebas,,
    mulai dr skrg hrz dtekankn pd genrs mda tntg ajrn agama yg baik n pengawasn dr ortu jg perlu dtgktkn!

    • Anabela
    • September 25th, 2013

    Aku stuju dnganmu,apa yg kita miliki skrng blum ckup kuat untk nangkis budaya dr luar. Skrang trgantung ksdaran msing2 orng tuk brubah

  24. mantap lalu b komen kalean2 t2,hm ……

  25. kow aq jdi malas sekolah ya …..hm

  26. kita sering kali mengikuti budaya budaya asing,tapi juga kita harus menjaga budaya kita sendiri……!!!
    di buat dani kristio
    tngl 23-10-2013
    jm:13:55

  27. kita sering kali mengikuti budaya budaya asing,tapi juga kita harus menjaga budaya kita sendiri……!!!
    di buat dani kristio
    tngl 23-10-2013
    waktu:13:55 koommen aq…..

    • ramram
    • Desember 12th, 2013

    Tugas besar umat manusia makin sulit,kerana sebelumnya masallah sex ini tidak di bicara secara terbuka,tapi hari ini langit dnl alam maya membuat semuanya jadi bahan pembicaraan.Lalu dimana kita yang perihatin ini dapat andil mengorak langkah,agar sumbangan kita jadi berharga walau tidak bernilai pada sebahagian umat manusia.Rusaknya umat ini,kerana rusaknya tata karama sex,pada saat sepatutnya belum harus diketahui oleh umur yamg masih dini.

  28. ng suah merasai jgn bnyk pandir, klo harat mamadahi ja harau batianan pcr saorg :p

  29. Orang Tua Sangat berperan Penting Terhadap sikap dan Moral Anaknya, Selain Itu faktor ekonomi indonesia yang lemah ikut mempengaruhi prilaku masyarakat kita….

    • bagdies
    • Mei 20th, 2012

    makasih…… silahkan di copy gan

  1. Januari 4th, 2013
  2. April 14th, 2013

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: